RSS

Arti Penting Sidang BPUPKI

23 Mar

A. Arti Penting Kebersamaan Dalam Sidang BPUPKI Dan PPKI

1. Perubahan Piagam Jakarta Sebagai Keputusan Bersama.

Piagam jakarta disusun oleh panitia sembilan yang beranggotakan sembilan orang secara bersama-sama. Sebelum PPKI mengesahkan piagam jakarta, Moh.Hatta mendapat pesan dari tokoh-tokoh indonesia bagian timur. Moh.Hatta pun berkonsultasi dengan orang lain. Setelah konsultasi selesai, kemudian diputuskan secara bersama-sama untuk mengubah sila pertama pada piagam jakarta. Seluruh anggota PPKI menerima keputusan tersebut. Seluruh anggota PPKI menyadari pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa. Kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan perorangan atau golongan.

2. Menerima Hasil Keputusan Bersama.

Keputusan bersama dicapai setelah terlebih dahulu dilakukan musyawarah. Keputusan bersama dicapai setelah masalah yang dimusyawarahkan dapat mencapai mufakat. Dalam musyawarah, selalu ada pihak yang setuju dan tidak setuju. Namun, setelah bertukar pikiran, maka pihak yang setuju maupun tidak setuju akan mencapai titik temu. Dalam musyawarah semua pihak harus mengutamakan kepentingan bersama daripada kepentingan pribadi atau golongan.

3. Melaksanakan Hasil Keputusan Bersama.

Setelah semua pihak menerima keputusan bersama, maka selanjutnya adalah melaksanakan keputusan tersebut. Semua pihak harus ikhlas dan penuh tanggung jawab melaksanakan hasil keputusan bersama.

 

B. Meneladani Arti Pentingnya Nilai-Nilai Perjuangan.

1. Semangat Persatuan Dan Kesatuan.

Sikap ini dimiliki oleh para tokoh pejuang kita pada saat merumuskan pancasila sebagai warga negara. semangat persatuan dan kesatuan harus diteladani dalam kehidupan sehari-hari.

2. Memperjuangkan Hak Asasi Manusia.

Dalam pembukaan UUD 1945 dinyatakan bahwa “Kemerdekaan ialah hak segala bangsa, dan oleh sebab itu maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidah sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan”. Makna dari pembukaan UUD tersebut diatas adalah bangsa indonesia mengakui  kemerdekaan ialah Hak Asasi Manusia. Bangsa indonesia berpendapat akan terus menentang penghapusan segala sentuk penjajahan.

About these ads
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 23, 2011 in PKN

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: