RSS

Contoh Wacana Dengan Paragraf Deskripsi

27 Agu

Bakteri (Eubacteria)

Eubakteria (atau yang lebih dikenal dengan bakteri) adalah makhluk hidup yang berukuran sangat kecil. Bakteri biasanya berukuran 0,1-10 μm (mikrometer). Bakteri mampu hidup dalam berbagai media bakik daratan maupun dalam air.

Struktur tubuh yang selalu ada pada setiap bakteri antara lain materi genetik, ribosom, plasma sel, dinding sel, membran sel, dan cadangan makanan.Materi genetiknya yaitu DNA/ADN dan RNA/ARN.

Bakteri memiliki dinding sel yang berfungsi memberikan bentuk kaku pada tubuh bakteri. Pada permukaan diding sel, terdapat membrane. Membran ini bersifat permeable terhadap sebagian glukosa, asam amino, dan gliserol.

Selain struktur yang sudah ada, beberapa bakteri memiliki struktur tambahan, misalnya flagel pada Salmonella typhosa, Membran fotosintesis pada bakteri berklorofil dan Bacteriopurpurin, serta pilus yang digunakan saat konjugasi pada bakteri Escherichia coli.

Kapsul dan lapisan lendir merupakan struktur tambahan pada bakteri. Kapsul memiliki struktur yang lebih tebal dan padat dibandingkan lapisan lender. Kapsul dan lendir ini umumnya memiliki permukaan yang licin. Kapsul dan lender berfungsi untuk melindungi bakteri.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 27, 2010 in Bahasa Indonesia

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: