RSS

Maag, Perih bukan main!

22 Mar

Pernah mengalami maag? rasanya sakit luar biasa. Mungkin bagi orang-orang yang baru mengalaminya akan merasakan maag ini seperti sakit perut biasa. Ini memang sakit perut, tapi bukan penyakit biasa yang patut di anggap remeh.  Menderita maag berkepanjangan bisa mengakibatkan iritasi lambung. Kalau lambuang dibiarkan begini terus, lama-kelamaan lambung bisa BOCOR! Ada yang mau lambungnya bocor gak? Tentu tidak ada. Penyebabnya bisa karena penderita makannya tidak teratur, terdapat mikroorganisme yang merugikan, mengkonsumsi obat-obatan tertentu,atau sebab-sebab lainnya seperti mengkonsumsi alkohol, pola tidur yang tidak teratur dan stress. Maag juga bisa terjadi apabila si penderita telat makan, kemudian sewaktu makan si penderita maag makan dengan porsi yang terlalu banyak (ini kasus yang saya alami).

Saat saya maag, pertama kali saya mengira yang saya alami adalah penyakit jantung atau penyakit pernafasan. Soalnya, terkadang saat saya bernafas, dada kiri saya terasa sangat sakit seperti ditusuk jarum. Setelah di cek ke dokter, rasa sakit ini disebabkan karena lambung saya kembung, yang kemudian menekan paru-paru saya saat bernafas.

Kebetulan, pada saat saya maag, di kelas saya, pada pelajaran kimia sedang dibahas “ASAM DAN BASA”. Katanya asam hanya bisa bereaksi dengan basa atau garam konjugasi dari asam lemah. Apa hubungannya dengan maag?

Tentu saja ada! saat maag, asam klorida diproduksi oleh lambung secara berlebihan. Untuk menghilangkan asam lambung tentu tidak mungkin langsung dikeluarkan dari lambung (kalau bener ada cara begini, saya juga belum tahu). Lalu, bagaimana caranya? Direaksikan!

Seperti yang saya sudah katakan, asam hanya bereaksi terhadap basa, atau garam konjugasi dari asam lemah. Garam konjugasi asam lemah dala kehidupan sehari-hari, saya gak tahu apa. Tapi kalau basa, selalu ada dimana-mana. Apa saja? Cekidot!

  1. Cokelat! Buat anda yang maag, banyak-banyaklah makan cokelat. Tapu buka sembarang cokelat juga. Cokelat yang saya sarankan yang banyak mengadung  bubuk kakao seperti dark chocolate. Tari cokelat jenis ini cenderung lebih mahal dari cokelat lain. Ada cokelat yang murah. Misalnya saja Milo atau Cacao  (yang biasa dipakai buat bikin kue). Untuk milo, saya sarankan minum milo yang pekat (5 sendok penuh keatas per gelas), untuk Cacao cukup sedikit saja, karena satu sendok saja sudah cukup pekat. Anda juga bisa mengkonsumsi susu cokelat.
  2. Permen karet! Apakah permen karet itu basa sehingga saya masukkan disini? Saya juga tidak tahu. Yang basa sebenarnya bukanlah permen karet, tetapi air liur. Cara yang bagus untuk merangsang air liur keluar sebanyak-banyaknya dengan permen karet ini. Untuk penjelasan lengkapnya, baca dari sumber saya di bawah.

Saya hanya memberikan 2 jenis makanan (permen karet makanan ya?) diatas, karena berdasarkan pengalaman, kedua makanan diatas sudah saya uji dan berhasil. Menetralisir asam lambung juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi bahan makanan yang bersifat basa lain, jika anda tidak mau mengkonsumsi obat. Untuk makanan basanya, silahkan cari di mbah google.

Sekian dari saya, terima kasih untuk yang mau membaca!!

 

Sumber:

  1. id.wikipedia.org/wiki/Maag
  2. http://www.ahlinyalambung.com/?q=content/permen-karet-ringankan-gejala-sakit-maag
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Maret 22, 2011 in Experience

 

Tinggalkan Balasan

 
