RSS

Kenyataan gravitasi, Hubungannya dengan black hole.

28 Feb

Pertama, apa itu gravitasi? Gravitasi adalah gaya tarik-menarik yang terjadi antara semua partikel yang mempunyai massa di alam semesta. Fisika modern mendeskripsikan gravitasi menggunakan Teori Relativitas Umum dari Einstein, namun hukum gravitasi universal Newton yang lebih sederhana merupakan hampiran yang cukup akurat dalam kebanyakan kasus.

Sebagai contoh, bumi yang memiliki massa yang sangat besar menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar untuk menarik benda-benda di sekitarnya, termasuk makhluk hidup, dan benda-benda yang ada di bumi. Gaya gravitasi ini juga menarik benda-benda yang ada diluar angkasa, seperti bulan, meteor, dan benda angkasa lainnya, termasuk satelit buatan manusia.

Dan black hole. Black hole atau hubang hitam adalah sebuah pemusatan massa yang cukup besar sehingga menghasilkan gaya gravitasi yang sangat besar. Gaya gravitasi yang sangat besar ini mencegah apa pun lolos darinya kecuali melalui perilaku terowongan kuantum. Medan gravitasi begitu kuat sehingga 8kecepatan lepas di dekatnya mendekati kecepatan cahaya. Tak ada sesuatu, termasuk radiasi elektromagnetik yang dapat lolos dari gravitasinya, bahkan cahaya hanya dapat masuk tetapi tidak dapat keluar atau melewatinya, dari sini diperoleh kata “hitam”. Istilah “lubang hitam” telah tersebar luas, meskipun ia tidak menunjuk ke sebuah lubang dalam arti biasa, tetapi merupakan sebuah wilayah di angkasa di mana semua tidak dapat kembali. Secara teoritis, lubang hitam dapat memliki ukuran apa pun, dari mikroskopik sampai ke ukuran alam raya yang dapat diamati.

Jadi, apakah yang ada di pikiran anda saat ini? Berdasarkan hasil pikiranku sendiri, pertama, untuk gravitasi. Seperti yang anda ketahui, semakin besar planet, pasti gravitasinya ikut membesar, sedangkan asteroid sebesar apapun itu, tak akan memiliki gravitasi. Mengapa demikian? Hal ini diakibatkan karena inti planet. Semakin besar planet, tentu semakin besar pula intinya. Sedangkan, asteroid tidak memiliki inti. Anda juga tahu bahwa ini suatu planet sangat panas. Panas inilah yang menyebabkan terjadinya gaya tarik menarik, sehingga menimbulkan apa yang hingga saat ini kita sebut gravitasi.

Jadi, apa kaitannya dengan black hole? Black hole muncul setelah bintang mati. Anda pasti tahu, betapa panasnya bintang itu. Dalam Al-Qur’an, Dikatakan betapa panasnya api neraka itu, sampai-sampai apinya berwarna hitam. Jadi? kesimpulannya, black hole adalah inti bintang yang sangat panas, yang karena suhunya yang begitu panas, terjadilah gaya gravtasi yang sangat kuat.

Semoga tulisan ini Bermanfaat.
(Paragraf 1 & 2 dikutip dari Wikipedia)

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 28, 2012 in Uncategorized

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: